20
Mon, May
32 New Articles

GadgetNews
Tools
Typography
Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

3DR Solo akhirnya tiba di Indonesia, setelah diluncurkan di Amerika pada bulan April 2015. 3DR Solo yaitu perangkat yang dijuluki sebagai ‘drone pintar’ ini, didatangkan dari Amerika Serikat ke tanah air oleh Halo Robotics sebagai distributor resmi.

Pengguna Solo dapat memanfaatkan ‘drone’ ini untuk merekam video atau memotret dengan action cam GoPro, dimana pengguna dapat mengontrol GoPro dari aplikasi 3DR.

3DR menyediakan aplikasi iOS dan Android, dengan aplikasi tersebut pengguna bisa melihat bidikan kamera dari layar smartphone atau tablet, sekaligus mengakses fungsi seperti memulai atau menghentikan rekaman GoPro-nya sendiri terpasang pada ‘gimbal’ khusus, yang hanya kompatibel dengan GoPro HERO seri tertentu.


Ada beberapa fungsi pintar pada Aplikasi 3DR Solo yang membuat ‘aerial videography’ menjadi lebih mudah, misalnya :
•    Fungsi Orbit, akan menginstruksikan drone untuk berputar mengelilingi sebuah objek, sehingga pengguna dapat merekam video dengan gerakan memutar yang halus.
•    Fungsi Cable Cam, drone dapat diatur agar bergerak maju dan mundur dari titik A ke titik B, seakan-akan terpasang pada kabel virtual.
•    Fungsi Follow, drone akan bergerak mengikuti subjek yang sedang direkam.

Fungsi-fungsi di atas berjalan secara otomatis, pengguna hanya perlu men-tap beberapa kali pada layar. Untuk pengguna awam yang belum pernah menerbangkan drone pun bisa merekam video dengan kualitas sinematik.

Solo dirancang agar mudah diterbangkan, dengan cara menekan satu tombol saja. Begitu juga untuk mebuatnya mendarat, sehingga pengguna tidak perlu khawatir terjadi kerusakaan pada drone karena terbanting saat mendarat.

Pada remote control-nya, terdapat kenop untuk mengatur rotasi dan sudut kemiringan kamera secara manual. Kenop tersebut terdapat pada bahu remote, seperti posisi tombol L dan R pada ‘gamepad’. Namun,’angle’ pengambilan gambar ini pun dapat diatur agar berjalan secara otomatis. Dengan begitu, pengguna bisa lebih fokus menerbangkan drone-nya saja.

Gimbal


Beberapa produk yang sedang dalam pengembangan adalah ‘gimbal’ untuk PIXPRO SP360, kamera 360 derajat buatan Kodak, serta kacamata dengan teknologi’augmented reality’ dari Epson.

Drone ini menawarkan kemudahan penggunaan, membuatnya cocok buat pemula, baik itu yang baru belajar menerbangkan drone atau belum pernah sama sekali. Dan harga yang ditawarkan adalah sekitar Rp17 juta-an (tanpa aksesori gimbal/ dijual terpisah).

Solo tampaknya lebih menarik buat pengguna profesional, yang akan menggunakannya untuk merekam video atau memotret dari udara. Terutama karena melihat akan ada banyak aksesori ‘Made for Solo’ yang dapat meningkatkan kemampuan drone ini.

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS