25
Sun, Aug
5 New Articles

Lifestyle
Tools
Typography

Penilaian: 5 / 5

Aktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan Bintang
 

Wanita Selam Indonesia (WASI), organisasi dibawah naungan organisasi Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) berencana memecahkan tiga rekor dunia yang terdiri dari terdiri dari penyelaman massal terbanyak, pembentangan bendera terbesar, dan rangkaian penyelaman terpanjang, di Manado, Sulawesi Utara (Sulut) pada 3 Agustus mendatang.

Kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka memperingati HUT ke-74 Republik Indonesia dan sebagai upaya ikut mempromosikan banyak hal yang berkaitan dengan laut; pariwisata, lingkungan hidup, kelestarian alam, dan olahraga selam. Tri Tito Karnavian, Ketua Umum Wanita Selam Indonesia , mengatakan Indonesia merupakan negara kelautan terbesar di dunia sehingga sumberdaya dan kekayaan lautnya harus dijaga sebaik-baiknya. yang memiliki potensi olahraga bahari untuk dikembangkan.

“Ketiga rekor tersebut, sangat mungkin dipecahkan untuk saat ini. Semangat kami untuk lebih mengenalkan olahraga selam, sekaligus memberikan perhatian terhadap lingkungan," kata Tri Tito Karnavian pada acara Press Conference WASI di Jakarta Convention Centre, Senayan, Jakarta, Sabtu (6/4/2019).

Lebih lanjut, dalam kegiatan pemecahan rekor nanti, ingin memberikan pesan kepada masyarakat mengenai bagaimana buruknya penggunaan plastik sekali pakai yang berdampak kepada lingkungan laut.

“Ancaman serius saat ini dari pengguna bahan plastik sekali pakai dan tidak mengelola sampah plastik dengan benar. Indonesia saat ini sebagai peringkat kedua penyumbang sampah palstik di dunia. Upaya WASI untuk membantu masyarakat mengingatkan kesadaran pentingnya laut bagi kehidupan, WASI bekerja sama dengan banyak pihak dalam mensosialisasikan pemakaian bahan plastik dengan bijaksana dan penggunaan bahan pengganti plastik,” jelas Tri.

WASI bertekad meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya laut bagi kehidupan. "Kami bekerja sama dengan banyak pihak dalam melakukan sosialisasi pemakaian plastik dengan bijaksana dan penggunaan bahan pengganti plastik," lanjutnya.

Selain mengagendakan rencana kegiatan pemecahan tiga rekor dunia itu, lanjut Tri Tito Karnavian, WASI juga akan melakukan aksi bersih laut , sebagai bentuk dukungan terhadap kampanye Dive Against Debris, yaitu gerakan yang mengajak para penyelam untuk mencintai laut dengan membersihkan puing dan sampah di laut.

"WASI akan terus berperan aktif dalam mendukung dan mengembangkan program-program pelestarian laut dengan memanfaatkan pengetahuan dan keahlian kami sebagai penyelam. Kami juga selalu berusaha melibatkan masyarakat di berbagai kegiatan, sehingga kesadaran mereka semakin meningkat," kata Tri Tito Karnavian.

WASI Bot

Tri Tito Karnavian, M.Si (Ketua Umum Wanita Selam Indonesia) dan Hamish Daud (Pendiri Indonesian Ocean Pride, Aktor)

Kegiatan positif yang akan dilakukan WASI, juga mendapat respon baik dari Ketua POSSI, Mayjen TNI Marinir (Purn) Buyung Lalana. Terutama dalam hal mengkampanyekan pentingnya kesadaran masyarakat untuk menjaga laut Indonesia.

“Bahwa ibu-ibu itu harus terdepan, karena ibu-ibu adalah garda untuk putra-putrinya membangun jiwa maritim yang ada disana. Negara kita adalah negara maritim, jadi kita harus memiliki jiwa maritim. Kewajiban saya sebagai Ketua Umum POSSI harus mensukseskan kegiatan ini, kita mempunya cabang di Indonesia mulai dari paling barat, Aceh dan paling timur di Papua. Kita sangat siap mendukung kegiatan ini. Mudah-mudahan pada bulan Agustus nanti kita melihat bagaimana rekor dunia akan terpecahkan. Intinya adalah bagaimana kita menyuarakan dan mengkampanyekan lingkungan hidup, bagaimana laut kita bersih bebas dari sampah, nyaman untuk kegiatan wisata,” ujar Mayjen TNI Marinir (Purn) Buyung Lalana.

Seperti diketahui semenjak didirikan pada 2018, WASI telah melsayakan aneka macam kegiatan untuk mengesedihsi masyarakat wacana kegiatan maritim dan mengkampanyekan pelestarian kehidupan wisata laut Indonesia. Salah satunya artinya pemecahan rekor MURI pada 2018, untuk Penyelaman Massal Wanita terbanyak yang diikuti 930 penyelam dan Pembentangan Bendera Merah Putih Terpanjang Dalam Laut Indonesia sepanjang 500 meter.

Agenda pemecahan rekor dunia 2019 nanti sudah dibuka untuk umum, dan kegiatan ini terbuka untuk penyelam baik wanita maupun pria.

“Untuk pendaftaran penyelam sudah dibuka beberapa bulan yang lalu, saat ini sudah terdaftar sebanyak 600 orang. Kami tidak membatasi hanya 3000 penyelam tapi kami hanya bisa menyediakan 3000 tangki yang bisa dipinjamkan untuk para peserta, sedangkan peralatan menyelam kami hanya bisa menyediakan 200 peralatan”, tutup Tri Tito Karnavian.

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS