23
Mon, Sep
11 New Articles

Ekonomi
Tools
Typography
Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Amar Bank, pemilik pionir financial technology (fintech) Tunaiku, menerima penghargaan dalam Top Finance 2019 Award Top Bank, Top Insurance, dan Top Multifinance. Dalam acara penghargaan bertema ‘Percepatan Pertumbuhan Ekonomi & Sektor Keuangan Pasca Pilpres’, Amar Bank meraih tiga penghargaan sekaligus untuk kategori TOP BANK 2019, TOP DEPOSITO 2019, dan TOP CEO BANK 2019. Penghargaan TOP BANK 2019 diterima langsung oleh Direktur Utama Amar Bank Vishal Tulsian bertempat di Balai Kartini Jakarta.

Vishal Tulsan, Direktur Utama Amar Bank setelah menerima penghargaan TOP BANK 2019 mengatakan, “Melayani nasabah merupakan yang utama, karena itu Amar Bank berkomitmen untuk terus meningkatkan layanannya ke nasabah. Amar Bank melayani mereka yang selama ini belum terlayani dan membuka akses keuangan lebih mudah bagi segmen ini. Teknologi menjadi kunci untuk memberikan akses lebih mudah bagi masyarakat agar mendapat layanan perbankan. Dan kami terus melakukan edukasi keuangan bagi masyarakat yang belum terlayani sehingga tingkat melek keuangan mereka meningkat, yang ujungnya akan membantu peningkatan taraf hidup mereka. “

Penghargaan Top Finance 2019 menggunakan penilaian berdasarkan kinerja dan market research di enam kota besar di Indonesia. Fokus penilaian pada kinerja masa lalu dan prospek bisnis di masa depan. Penilaian dilakukan dengan menilai kinerja secara langsung, kuesioner, dan survei terhadap konsumen.

Ketua penyelenggara Top Finance 2019 yang juga CEO & Editor in Chief Majalah Top Business M Lutfi Handayani mengemukakan asar pemilihan Amar Bank menjadi salah satu pemenang TOP Bank 2019, “Dari sisi laba ekonomis atau economic value added, ini menjadi nilai positif Amar Bank. Tentu pencapaian ini menjadi dasar bagi Dewan Juri, untuk memberikan penghargaan kepada Bank Amar sebagai salah satu pemenang dari kategori Top Bank 2019. Dan juga, Dewan Juri melihat pertumbuhan asset yang naik secara signifikan, naik sekitar dua kali lipat, ini merupakan prestasi yang perlu diapresiasi,” papar Lutfi.

Lutfi menambahkan, "Satu hal yang menarik, tentu juga berkaitan dengan banyaknya human capital yang ada di dalam Bank Amar, terutama dari milenial. Kami menilai Bank Amar juga merupakan bank yang sangat commit terhadap generasi milenial dan tentu ini akan membawa dampak yang positif," tambahnya.

Amar Bank sejak tahun 2014 memang menunjukkan pertumbuhan yang mengesankan. Mulai dari jumlah nasabah yang melonjak drastis dan menjadi Bank BUKU II dalam waktu lima tahun. Per Agustus 2019, pertumbuhan deposito Amar Bank meningkat sebesar 88% Year on year (yoy). Ini pula yang menjadikan Amar Bank menerima penghargaan TOP DEPOSITO 2019.

Vishal mengungkapkan, “Bagi kami yang penting adalah seberapa besar dampak sosial yang dapat kami lakukan untuk customer, sebab penggunaan teknologi adalah kekuatan kami untuk dapat berkreasi dan berinovasi untuk meraih dampak positif yang lebih besar lagi,” tambah Vishal.

Amar Bank terus mengoptimalkan kinerja dan layanan, serta menargetkan peningkatan jumlah nasabah yang terlayani sehingga berdampak lebih luas ke masyarakat, sesuai dengan Visi Amar Bank yaitu membuat 200 juta wajah tersenyum pada tahun 2025. Saat ini, Amar Bank melalui Tunaiku telah melayani lebih dari 300 ribu nasabah dengan total aset per Agustus 2019 mencapai Rp2,8 triliun.

Untuk mencapai target itu, tentunya dibutuhkan strategi khusus yang tepat. Salah satunya adalah komunikasi. “Amar Bank terus mempererat komunikasi dengan nasabah, dengan cara memanfaatkan teknologi untuk berkomunikasi dengan nasabah dan calon nasabah. Teknologi membuat kami menjadi lebih mudah berkomunikasi, baik di daerah-daerah maupun kota-kota besar. Tak terkecuali di Jakarta, Bandung, dan kota besar lain di Indonesia,” ujar Vishal.

Dari sisi kredit, pemberian kredit usaha kecil menengah (UKM) per Juli 2019 meningkat sebesar 310% (yoy), dengan persentase paling besar untuk sektor perdagangan. Kepala Divisi Bisnis Banking Amar Bank Eka Banyuaji pada kesempatan yang sama mengungkapkan, “Pertumbuhan kredit untuk UKM signifikan perbulannya, bahkan tahun per tahun, seperti di tahun 2018 – 2019. Tahun ke tahun pertumbuhannya ratusan persen, sesuai target.”

Eka juga menambahkan strategi Amar Bank ke depan dalam meraih nasabah UKM. “Kami menyasar UKM dan memberikan plafon hingga Rp1 miliar dengan proses yang terbilang cepat, satu minggu bisa cair. Ke depan kita develop hal tersebut. Secara konvensional, ini sudah berjalan, seperti produk investasi, kerja, itu yang kami sasar. Peran kita ke sana,” kata Eka.

Berbagai peningkatan layanan yang dilakukan serta penggunaan teknologi itu bertujuan agar dapat memudahkan masyarakat mengakses layanan keuangan yang diberikan Amar Bank. Melihat pertumbuhan Amar Bank yang begitu cepat, menunjukan produk-produk perbankan yang dimiliki oleh Amar Bank sesuai dengan target pasar utama yang dituju yaitu di segmen retail. “Kami mengucapkan terima kasih bagi masyarakat atas dukungannya. Dan tiga penghargaan ini menunjukkan apresiasi bahwa arah kami sudah tepat. Kami berkomitmen untuk terus memberikan layanan keuangan berbasis teknologi yang memudahkan akses terhadap layanan keuangan bagi masyarakat Indonesia,” tutup Vishal.

 

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS