20
Mon, May
32 New Articles

Event
Tools
Typography
Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Mendukung program pemerintah Indonesia menuju ekonomi digital serta membantu mewujudkan 1001 start up di Indonesia, Alcatel-Lucent Enterprise (ALE) menyelenggarakan ALE Hackathon 2018.

Program ini merupakan sebuah inisiatif yang menantang para pengembang untuk membuat aplikasi berdasarkan platform Rainbow yang dapat menghubungkan manusia, bisnis dan perusahaan, untuk menjawab tantangan di 5 sektor, yaitu pemerintahan, kesehatan, perhotelan, pendidikan, dan transportasi. Inisiatif ini menyasar komunitas pengembang dan individu dari seluruh Indonesia.

Sebelumnya, ALE telah menyelenggarakan roadshow untuk memperkenalkan program ini di empat kota besar yaitu Malang, Palembang, Bandung, serta Jakarta, dan mendapatkan sambutan hangat dari komunitas pengembang. Sejak pembukaan kompetisi pada 3 Mei 2018, panitia telah menerima proposal aplikasi dari 183 tim. Setelah melalui penilaian dewan juri, panitia berhasil memilih 98 tim pengembang yang berhak melanjutkan ke tahap kualifikasi serta ke tahap berikutnya yaitu semi-finals untuk presentasi konferensi video Rainbow. Dari tahap ini kemudian terpilih 35 tim untuk melaju ke babak final.

“Kami cukup senang melihat antusiasme para pengembang untuk mengikuti kompetisi ini. Banyak ide luar biasa yang kami percaya dapat membawa nilai tambah bagi setiap industri yang mereka representasikan dan membantu pertumbuhan ekonomi digital Indonesia, ” ujar Adios Purnama, Country Manager, ALE Indonesia. Aplikasi yang dibuat di atas platform komunikasi Rainbow dirancang untuk memenuhi tantangan di 5 sektor, yaitu pemerintahan, transportasi, kesehatan, pendidikan dan perhotelan. Saat ini di tahap final, ALE telah memilih 35 ide luar biasa untuk dikembangkan menjadi aplikasi yang akan berkolaborasi dengan Rainbow CPaaS (Communication Platform as a Services). Ke-35 tim ini akan dilatih oleh tim ALE Evangelist dan Vertical Expert, sehingga aplikasi ini menjadi lebih matang untuk dipresentasikan pada presentasi tatap muka di Jakarta.

Tim yang lolos ke babak final akan diundang untuk mempresentasikan ide dan aplikasinya di hadapan dewan Juri ALE Hackathon di Le-Meridien Hotel Jakarta pada 19-20 September 2018. Malam penghargaan sendiri akan diadakan pada 21 September 2018 di Le-Meridien Hotel Jakarta sebagai acara utama dalam kampanye ini. 20 tim teratas secara otomatis akan bergabung dengan Komunitas Pengembang Internasional ALE dan 3 tim teratas akan menerima hadiah dan mendapatkan coaching clinic dari tim ALE Evangelist dan Vertical Expert. Pemenang pertama akan diberangkatkan ke Paris untuk mendapatkan coaching clinic dari ALE International Developer Team. “Kami sangat bersemangat untuk melihat bagaimana ide-ide para peserta bisa menjadi aplikasi dan dapat berkolaborasi baik dengan platform Rainbow kami. Tetapi yang paling penting adalah bagaimana aplikasi ini dapat membantu mengatasi tantangan di setiap pasar vertikal di era digital ini,” pungkas Adios.

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS