23
Mon, Sep
11 New Articles

PhoneNews
Tools
Typography
Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Seperti kita ketahui, kebanyakan smartphone ditunjang oleh dapur pacu Qualcomm Snapdragon. Tapi ada kabar terbaru beberapa vendor memiliki rencana membuat chipset sendiri untuk dibenamkan di perangkat mereka.

Salah satunya adalah ZTE, secara perlahan tapi pasti ZTE terus meningkatkan kehadirannya di luar pasar Tiongkok, contohnya ZTE Axon yang menjadi smartphone yang cukup menyita perhatian di pasar AS. Dan ZTE tampaknya memiliki rencana yang lebih besar dari sekedar merilis beberapa ponsel di Amerika Serikat, yakni untuk membuat chipset sendiri yang berbasis arsitektur ARM.

ZTE baru-baru ini mendapat dukungan finansial dari Pemerintah Tiongkok, yang memungkinkan perusahaan mempercepat upaya untuk membangun chipset sendiri. Dana sebesar USD 73.8 juta dari China's National IC Industry Investment Fund tersebut bertujuan untuk membuat chipset.

Selain itu, Huawei sudah punya chipset sendiri, baru-baru ini yang terbaru Kirin 950 telah digunakan pada ponsel flagship Huawei Mate 8. Chipset yang akan tiba pada kuartal pertama tahun 2016 itu akan bersaing langsung dengan Qualcomm Snapdragon 820 dan Samsung Exynos.

Lebih lanjut, produsen smartphone raksasa Tiongkok lainnya, yakni Lenovo juga dikatakan telah mulai melakukan beberapa upaya serius untuk membangun chipset yang berbasis ARM sendiri.

Dan juga, Xiaomi telah menandatangani kemitraannya dengan Leadcore yang juga berbasis ARM, yang sudah digunakan Redmi 2A dan akan dibenamkan ke lebih banyak perangkatnya tahun depan.

Untuk diketahui, merancang sebuah chipset adalah usaha melelahkan karena memakan waktu beberapa tahun dan membutuhkan banyak ahli-ahli untuk mendapatkan paten. Bahkan raksasa teknologi seperti Huawei dengan yang chipset Hisilicon Kirin-nya awalnya mendapat kritikan yang sangat tajam. Tahun depan persaingan chipset yang digunakan pada smartphone ini akan semakin menggeliat.

Sumber : PhoneArena

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS