08
Sun, Dec
10 New Articles

PhoneTest
Tools
Typography
Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Wiko Highway Pure merupakan smartphone Perancis yang tergolong baru untuk untuk pasar Indonesia. Wiko Highway Pure  tidak seperti pendahulunya (Wiko Highway 4G) yang mengunggulkan kualitas GPU buat para gamer. Tampaknya, smartphone ini mengalami sedikit reduksi dari pendahulunya. Dengan banderol harga untuk menengah keatas, smartphone ini ternyata lebih mengutamakan desain yang super tipis  dan super ringan.

Smartphone ini sudah mengusung konektivitas super cepat 4G LTE yang saat ini sudah mulai berkembang di Indonesia. Seberapa canggihkah smartphone ini? Berikut uraiannya.

Desain
141,9 x 68,1 x 5,1 mm; 98 gr; Full touchscreen; Unibody

Wiko Highway Pure hadir dengan dimensi 141,9 x 68,1 x 5,1 mm yang super tipis dan super ringan. Digadang-gadang layar ini dipercaya tahan dari berbagai guncangan berupa goresan senjata tajam, bahkan terjatuh sekalipun.

Dari segi desain, Wiko Highway Pure ini cukup tipis dengan ketebalan hanya 5,1mm akan meringankan anda saat menggenggamnya. Desain unibody yang kokoh, telah dilengkapi oleh material almunium yang berlapis kaca untuk menyempurnakan desain yang memiliki dua tone warna.

Tampak depan, tombol power/lock diletakkan disisi kanan dengan slot kartu nano diatasnya. Artinya smartphone ini hanya bisa digunakan untuk kartu SIM ukuran nano. Ketersediaan adapter untuk kartu nano terasa kurang bermanfaat. Pengatur volume diletakkan disisi kiri. Tampak belakang, disisi bawah terdapat micro usb port, loudspeaker dan headphone jack. Sedangkan pada sisi belakang terdapat kamera yang hadir dengan desain yang cukup atraktif dan LED flash berada dikanannya. Antara kamera dan LED terdapat tulisan kecil ’16 MP’.  Bagian belakang ini dihiasi juga dengan tulisan ‘WIKO’ ditengahnya. Smartphone ini masih dilapisi dengan case yang sedikit transparan dan mudah untuk dipasang atau dilepas.

Display
IPS LCD Capasitive Touchscreen, AMOLED Technology, Corning Gorilla Glass 3, 16 M colors; HD (1280x720 piksel), 4.8 inci (320 ppi)

Sebenarnya dengan resolusi HD 1280 x 720 pixels, smartphone ini sudah mampu menghadirkan kualitas warna dan gambar jernih. Sayangnya, lapisan seperti mika yang menutupi layar mudah beset dan memberi kesan kusam. Tentunya ini membuat kemampuan Corning Gorilla Glas 3 tidak terlihat.

Kerapatan layar yang hanya ~320 dpi membuatnya tidak mulus dan sentuhan layar terasa kurang sensitif. Berbeda dengan pendahulunya Wiko Highway yang mencapai ~480 ppi yang begitu mulus. Artinya, Wiko Highway Pure untuk berpindah dari satu halaman ke halaman berikutnya seperti ada yang tersendat. Pengujian layar multi sentuh menggunakan Antutu Tester, didapat hasil 10 sentuhan secara bersamaan.

Hardware
Snapdragon 410 MSM8916 Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53; GPU Adreno 306; 2 GB RAM; 16 GB Internal Storage (no external microSD); 2000 mAh Battery

Salah satu kualitas yang dibawa oleh Wiko Highway Pure adalah penggunaan prosesor quad-core 1.2 GHz yang ditandemkan dengan chipset Qualcomm Snapdragon 410. Keberadaan komponen-komponen mesin pada bagian CPU tersebut mampu meningkatkan kinerja Wiko Highway Pure serta memberikan performa tangguh.

Selain itu, smartphone pintar racikan Wiko ini juga mengusung layar super canggih berupa layar jenis AMOLED 16 M yang dilengkapi dengan sistem proteksi Corning Gorilla Glass 3. Selain memiliki daya tahan tinggi terhadap resiko goresan, layar pada Wiko Highway Pure ini juga memiliki visualisasi mantap karena luasnya mencapai 4.8 inci dengan resolusi mencapai 720 x 1280 pixles. Tak berhenti sampai di situ saja, Wiko masih memiliki beragam fitur canggih yang ada pada produk barunya ini.

Dengan spesifikasi mesin dan layar yang lebih tinggi, jelas Wiko Highway Pure ini memiliki konsumsi daya yang lebih besar dari varian Wiko Highway 4G. Untuk itu, Samsung membekali Wiko Highway Pure ini dengan baterai Lithium-Polymer berkapasitas 2.000 mAh. Kapasitas 2.000 mAh ini sebenarnya merupakan kapasitas baterai kelas menengah yang terasa begitu cepat habis bila semua konektifitas digunakan. Salah satu hal yang membuat Wiko Highway Pure irit konsumsi daya adalah penggunaan layar AMOLED yang dikenal lebih hemat energi. 

OS
Android Lollipop

Spesifikasi Wiko Highway Pure di sektor dapur pacu disempurnakan oleh kehadiran sistem operasi Android Lollipop yang akan menjadi ‘otak’ smartphone buatan Wiko ini.
Dengan memanfaatkan fitur ART, perangkat menjadi lebih efektif dalam membedakan antara kegiatan penting dan aktivitas sehari-hari, selain itu developer akan dapat memahami apa yang dapat menguras baterai dari aplikasi miliknya dan memberikan tweak yang sesuai.

Dengan multiple account, Anda bisa membuat banyak akun untuk satu perangkat, tanpa menghilangkan akun guest atau temporary akun. Fitur ini juga memiliki banyak keuntungan, Anda tidak perlu kawatir tentang konfigurasi yang diubah-ubah, data yang dihapus atau email yang dapat dilihat akun lainnya.


Kamera
Primary camera 8 MP (3264 x 2448 pixels), auto focus, touch focus, LED flash, geo-tagging; Secondary camera 5 MP (2592 x 1944 pixels); Video recorder 1080p@30fps

Wiko Highway Purehanya dibekali kamera belakang dengan sensor 8 MP dan LED flash. Sedangkan kamera depannya 5 MP. Artinya mengalami penurunan kualitas dibanding Wiko Highway.

Pengaturan yang disematkan pada kamera smartphone ini juga tergolong standar. Pengujian pemotretan dalam ruangan masih terasa kurang optimal. Ketersediaan LED flash membuat hasil jepretan tidak merata dalam menerima cahaya. Demikian juga kamera depan saat digunakan untuk selfie di ruangan sedikit pencahayaan. Artinya, semua kamera disarankan digunakan untuk outdoor.

Konektivitas
Wik GSM 850/900/1800/1900; 3G WCDMA 900/1900/2100; 4G LTE 800/1800/2100/2600; Wi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot; Bluetooth v4.0, A2DP; GPS; microUSB v2.0o

Highway Pure hadir dengan konektivitas 4G FDD-LTE Cat.4 dengan kecepatan download hingga 150 Mbps dan upload hingga 50 Mbps. Selain itu juga ada bluetooth, USB OTG dan GPS + A-GPS. Sayangnya percobaan penggunaan WIFI  sedikit mengecewakan karena mengalami masalah saat proses download dalam jarak dekat sekalipun.

Untuk koneksi ke PC, dalam paket penjualan telah disertakan kabel data yang terpisah dengan kabel charger.  Pengujian menggunakan Google Maps berjalan sangat lancar termasuk aplikasi navigasi serta fitur tambahannya.

Multimedia
Audio: MP3, MIDI, eAAC, WB, AMR, ACC, ACC+, WAV, AWB; Video: MP4, H264, WMV9, VC1, DivX, VP8, HEVC;

Untuk urusan multimedia, smartphone ini hanya mengandalkan aplikasi multimedia bawaan Android. Bahkan aplikasi multimedia lain seperti Radio FM tidak disertakan. Untuk menyiasatinya, Anda dapat mendownload aplikasi baik audio maupun video player gratis dari Google Play.  Earset berbentuk pipih namun dengan kualitas keluaran suara yagn terlalu standard.

Fitur khusus
Sensor Accelerometer, Direction, Proximity, Light, E-Compass Cash screen, My Seneschal, Gesture

Smartphone ini menyediakan beberapa aplikasi tambahan seperti Cash screen, My Seneschal, One Clean dan Gesture. Cash screen merupakan aplikasi untuk menampilkan isi layar ke perangkat lain seperti LCD dan perangkat sejenis. My seneschal merupakan aplikasi untuk optimalisasi boot (pengaturan memori) serta pengatur notifikasi. One clean fungsinya seperti My Seneschal sedangkan Gesture untuk mengatur beragam gesture saat membuka layar yang terkunci. Anehnya, penggunaan gesture sedikit mengalami masalah saat pengujian.

Harga        : Rp. 3.949.000,-
Warna        : white/silver, black/grey, black/gold, black/green
Paket Penjualan    : Handset, AC adapter, micro USB cable, SIM card adapter, user guide, case

Kelebihan / Plus (+)    
•    Support 4G LTE
•    Desain tipis dan ringan
•    Android Lollipop
•    USB OTG

Kekurangan / Minus (-)   
•    Baterai kecil
•    Tidak ada memori eksternal
•    Harga relatif mahal

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS