17
Wed, Jul
11 New Articles

TabletReviews
Tools
Typography

Penilaian: 5 / 5

Aktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan Bintang
 

Advan berinisiatif meluncurkan tablet berbasis Windows 8.1 dengan bekerjasama dengan Microsoft dan Intel sebagai partner produk baru. Produk yang dimaksud adalah Advan Vanbook W100.

Tablet PC ini terintegrasi dengan aplikasi-aplikasi mutakhir dari Microsoft. Sebut saja pengolahan dokumen Office 365 yang memiliki koleksi tools lengkap untuk menunjang produktivitas Anda yang serba mobile. Lalu Anda pun bisa memanfaatkan kapasitas penyimpanan secara online pada Microsoft One Drive hingga 1 Terabyte. Nah, apa saja kelebihan dan kekurangannya ?

Desain
Tablet PC yang mendukung jaringan 3G ini memiliki ukuran yang cukup ringkas dan tipis bila dilihat dari ukuran layar yang besar. Tampak depan yang didominasi warna hitam dihiasi list warna putih disekelilingnya. Pada sisi atas hanya diisi oleh kamera depan dan sisi bawah hanya terdapat logo windows.

Tombol power disematkan di sisi kanan atas dengan tombol volume dibawahnya. Sedangkan port audio dan port usb berada di sisi atas kanan.Pada bagian belakang, tablet berwarna silver ini diberi kombinasi putih pada sisi atas dan bawahnya. Dalam posisi landscap, logo 'ADVAN' diletakkan ditengah. Berikutnya logo 'Intel Inside' serta tulisan Vanbook 10’ with Windows 8.1. Dalam posisi portret, kamera belakang diletakkan pada pojok sisi kiri bagian atas. Bagian ini yang dapat dilepas bila Anda ingin memasukkan kartu SIM dan kartu memori eksternal.

Pada paket pembelian menyertakan keyboard wireless plus case. Keyboard wireless berwarna hitam ini menyerupai keyboard netbook pada umumnya. Keyboard dengan 78 keys ini sangat ringan dan menempel pada case dengan magnit yang cukup kuat untuk menahannya. Keyboard ini menyediakan 4 LED yang terdiri dari caps, bluetooth, charge dan power. Disamping LED tersebut tersedia 1 tombol on/off dan 1 tombol connect.

Untuk case, bagian bawah merupakan tempat bagi keyboard. Bagian atas merupakan tempat bagi tablet tersebut. Untuk dapat menahan tablet, case ini mengandalkan penjepit di kanan dan kirinya. Bagian penutup case ini dapat ditekuk dan menjadi penahan saat tablet berdiri dalam posisi landscape.

Display
Advan Vanbook W100 memiliki layar sentuh IPS 9.6 inch dengan 16 juta warna. Resolusi layar HD yang dihasilkan pun cukup baik yakni 800 x 1280 pixel. Sehingga Anda dapat melihat berbagai macam konten pada web atau melihat isi dokumen pekerjaan Anda dengan lebih jelas.

Saat dioperasikan respon layar sentuh dari ponsel ini terasa lembut dan lancar. Untuk berpindah dari satu halaman ke halaman berikutnya juga tidak terlihat jeda.

Sistem Operasi dan UI
Advan Vanbook W100 merupakan salah satu varian Tablet PC dari Advan yang bekerja dengan sistem operasi Windows 8.1. Sistem operasi Windows 8.1 memberikan kemudahan navigasi melalui desain Charm Bar yang interaktif pada interface Metro Start Screen. Kemampuan Booting yang lebih cepat akan meningkatkan kenyamanan Anda dalam bekerja sehari-hari. Sistem operasi ini didukung pula dengan Bing Search Engine yang memudahkan Anda untuk mencari alamat website, gambar, berita, hingga profil jejaring social teman-teman Anda. Metode pencarian Bing yang unik membuat Anda dapat menemukan apa yang Anda butuhkan dengan lebih cepat dan lengkap.

Beberapa perbaikan dan peningkatan di Windows 8.1 diantaranya yaitu Redesign Start Screen. Jika dulu mengenal Start Screen yang cukup unik, kali ini Microsoft memperbaharui 70% dari Start Screen seperti menambahan ukuran Tiles dari paling kecil sampai paling besar, Akses ke All Program melalui tanda panah yang mengarah ke bawah, Background Start Screen yang sama dengan Background di Desktop, Dan Pilihan Warna yang banyak.

PC Settings kini merupakan Control Panel baru. Jika dulu Control Panel digunakan untuk mengakses pengaturan di Komputer, sekarang semua fitur-fitur dan akses Control Panel dipindahkan ke PC Settings termasuk Form Aktivasi.

Windows Store juga, kali ini memiliki tampilan yang unik dan keren. Jika Anda membuka Windows Store, Anda akan melihat tampilan Windows Store yang sangat jauh lebih baik dari Windows 8. Selain itu di Windows Store anda bisa menemukan Aplikasi-Aplikasi yang keren dan anda juga menemukan 10.000 Ribu Aplikasi Windows Store yang siap diunduh. Windows 8.1 kali ini memiliki Aplikasi baru yang tidak dapat ditemukan di Windows 8.

Kembalinya Start Button akses ke Start Screen menjadi sangat mudah. Fungsi Start Button ini tidak sama lagi dengan Start Button di Windows 7 karena tombol ini hanya digunakan untuk mengakses Start Screen. Selain itu terdapat juga fungsi di Start Button ini ketika anda mengklik kanan pada Start Button atau WinLogo + X yaitu Shut Down, Sign Out, Restart, dan Sleep.

Pada Windows 8, hanya terdapat 2 ukuran App Tiles yaitu kecil dan lebar sedangkan Windows 8.1 memiliki 4 jenis ukuran App Tiles dari yang terkecil, sedang, standar, dan paling besar.

Perbaikan fitur lainnya yaitu Snap. Snap memungkinkan pengguna Windows 8 menjalankan 2 aplikasi dalam satu layar, tapi ukuran Snap di Windows 8 hanya terdapat 2 buah yaitu satu yang besar dan satu yang kecil. Dengan Windows 8.1, Anda bisa menjalankan 3 sampai 4 aplikasi dalam satu layar tergantu dari besarnya layar Komputer, dengan ukuran yang bisa diatur juga.

Terakhir, melalui Advan Vanbook W100 Anda dapat mengakses semua fitur dan layanan Microsoft. Advan Vanbook W100 teintegrasi dengan aplikasi pengolah dokumen Office 365. Aplikasi ini membuat Anda dapat melakukan presentasi bisnis di mana saja dan mengerjakan dokumen dengan lebih cepat. Office 365 merupakan aplikasi pengolahan dokumen mobile yang dirancang untuk berbagai jenis gadget karena memiliki tools yang lebih lengkap dibandingkan versi Office mobile sebelumnya. Anda pun dapat menyimpan semua data pekerjaan Anda melalui layanan Cloud Storage Microsoft One Drive dengan kapasitas penyimpanan hingga 1 Terabyte. Untuk menggunakan semua layanan dan permainan dari Windows Store, Anda cukup login dengan ID akun Microsoft Anda.

Hardware
Advan Vanbook W100 ditenagai Prosessor istimewa dari Intel Atom BayTrail. Prosessor dengan empat otak atau Quad-Core ini memiliki kecepatan 1.33 GHz. Kinerja dari Prosessor telah dikenal cukup bertenaga dan hemat daya baterai.

Prosessor Intel ini juga didukung RAM berkapasitas 1 GB yang membuat Anda dapat bekerja lebih cepat dan mendukung kemampuan Multi-Tasking yang handal. Kapasitas memori internal yang disediakan berkapasitas 16 GB dan dapat ditambah dengan MicroSD hingga 32 GB.

Sayangnya storage internal saat telah menginstal Office 365 hanya menyisakan 2,75 GB. Sehingga rasanya sulit menambah aplikasi yang membutuhkan storage internal yang besar. Namun Anda masih bisa memanfaatkan USB OTG yang memungkinkan Anda untuk memindahkan beragam file ke flash disk dengan mudah. Proses plug dan unplug flash disk juga sangat cepat.

Tablet ini juga didukung GPU Intel dan menyediakan HD Graphic Control Panel yang mudah dikustomisasi. Dengan menggunakan DirectX Diagnostic Tool tertera kemampuan memori sebesar 480 MB. Fitur yang disertakan termasuk enable untuk DirectDraw Acceleration, Direct3D Acceleration dan AGP Texture Acceleration. Pengujian GPU menggunakan aplikasi Video Memory Stress Test menghasilkan 0 errors. Terakhir adalah kemampuan daya supply sebesar 6000 mAh yang rasanya sudah cukup untuk menopang aktifitas perkantoran, hiburan dan nirkabel yang simultan.

Multimedia
Secara default, audio yang didukung adalah MP3/WAV/eAAC/AAC+ player sedangkan untuk video yaitu MP4/H.264/H.263 player. Namun tentunya hampir semua format file multimedia dapat dijalankan pada Windows dengan bantuan aplikasi tambahan.

Untuk hiburan tambahan, Anda juga dapat memanfaatkan radio streaming. Aplikasi audio recorder juga tersedia dengan fitur standard yang mencukupi.

Kamera dan Video
Advan Vanbook W100 menyediakan 2 kamera dengan piksel yang sama yaitu 2 MP. Kamera belakangnya dapat menangkap gambar dengan resolusi hingga 1600 x 1200 pixel. Sedangkan kamera depan dengan resolusi 2 Megapixel dapat Anda gunakan untuk berinteraksi melalui video chat.

Saat pengujian, kamera depan terasa masih pas-pasan dengan fitur pengaturan yang masih minim. Untuk pemotretan outdoor fokus masih belum optimal. Untungnya, tablet ini menyediakan fitur edit include didalamnya. Meskipun sebenarnya bila Anda menginstal aplikasi pengolah foto, semuanya menjadi lebih mudah.

Internet dan Konektifitas
Tablet yang mendukung jaringan 3G ini memang tidak dapat digunakan untuk bertelepon ria. Untuk itu, tablet Windows ini percaya dengan kemampuan Skype yang ada.  Pengujian navigasi pada tablet ini cukup memuaskan. Koneksi bluetooth yang tersedia juga sudah memadai dengan Bluetooth versi 4.0.

Pengujian WiFi dengan dukungan 802.11ac proses download dan upload berjalan lancar. Tentu saja ini membuat pengujian membuka halaman browser, menonton streaming YouTube dan aktifitas internet lainnya menjadi lebih lancar.

Demikian juga halnya dengan pengujian All in One Remote, dimana pengujian pencetakan (print) secara wireless dengan mencetak foto atau dokumen berjalan mulus dan lancar. Hal ini membuat Advan Vanbook W100 bekerja layaknya sebuah PC dekstop yang multifungsi dan mobile.

Fitur Tambahan
Advan Vanbook W100 teintegrasi dengan aplikasi pengolah dokumen Office 365. Aplikasi ini membuat Anda dapat melakukan presentasi bisnis di mana saja dan mengerjakan dokumen dengan lebih cepat. Office 365 merupakan aplikasi pengolahan dokumen mobile yang dirancang untuk berbagai jenis gadget karena memiliki tools yang lebih lengkap dibandingkan versi Office mobile sebelumnya.

Sayangnya Office 365 tidak terinstal secara default. Maksudnya, Anda harus menginstalnya terlebih dahulu. Proses instalasi ini yang memakan waktu cukup lama bila koneksi internet yang tersedia kurang lancar. Tapi jangan khawatir. Sebab instalasi ini akan berjalan dilatar belakang bila proses instalasi memakan waktu yang cukup lama.

Anda dapat juga menyimpan semua data pekerjaan Anda melalui layanan Cloud Storage Microsoft One Drive dengan kapasitas penyimpanan hingga 1 Terabyte. Untuk menggunakan semua layanan dan permainan dari Windows Store, Anda cukup login dengan ID akun Microsoft Anda, lalu membayarnya dengan sejumlah uang setiap bulan, ga mahal kok.

Vanbook W100 dengan OS Windows 8.1 menghadirkan Xbox Games Experience, di mana pengguna bisa memainkan game yang terintegrasi. Singkatnya, tablet yang dibanderol seharga Rp2,5 juta ini menyuguhkan portabilitas, OS Windows berkemampuan layaknya notebook dan mendukung hiburan maupun pekerjaan.

Kelebihan:  Mendukung 3G,  Prosesor Intel,  Kapasitas baterai besar
Kekurangan: Tidak dapat menelepon,  Storage internal masih kurang,  Kamera hanya 2 MP

Kesimpulan
Advan Vanbook W100 dengan Windows 8.1 memberikan kemudahan navigasi melalui desain Charm Bar yang interaktif pada interface Metro Start Screen. Kemampuan Booting yang lebih cepat akan meningkatkan kenyamanan Anda dalam bekerja sehari-hari. Namun, internal storage masih terasa sangat kurang bila Anda ingin menginstal aplikasi penting yang membutuhkan storage besar. Tapi bila dilihat dari harga yang dibanderol, tablet Rp2,5 juta ini sudah menyuguhkan portabilitas, OS Windows berkemampuan layaknya notebook dan mendukung hiburan maupun pekerjaan.

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS