Opini

Huawei Paparkan Laporan Akhir Tahun Dalam Bisnis Consumer 2018

Perusahaan perangkat teknologi, Huawei, selalu berfokus dan memusatkan layanan serta teknologinya pada sesuatu yang dibutuhkan oleh konsumen. Semuanya dimulai dan diakhiri dengan konsumen khususnya dalam Consumer Business Group. Pada tahun 2018, perusahaan menjalankan komitmen untuk menciptakan nilai bagi konsumen melalui inovasi, berusaha untuk memberikan pengalaman cerdas dan terinspirasi di semua skenario.

“Kerja keras kami terbayar. Kami telah memperkuat posisi kami sebagai merek global premium. Pada 2018, pendapatan dari bisnis konsumen kami adalah CNY348.852 juta atau sekitar US$51,9 miliar, naik 45,1 persen Year on Year (YoY),” ucap Lo Khing Seng, Deputy Director Huawei Device Indonesia

Menciptakan Nilai untuk Konsumen Melalui Inovasi
Huawei Consumer BG berkomitmen untuk menciptakan nilai melalui inovasi tanpa henti. Perusahaan telah mencapai banyak terobosan dalam berbagai ranah seperti performa pada smartphone, fotografi, kecerdasan buatan (AI), konektivitas, dan desain. Dengan peningkatan daya saing dan pengalaman yang signifikan, produk Huawei telah diterima dengan baik oleh konsumen di seluruh dunia.

huawei2

Selingan

Keterangan foto: Diproduksi menggunakan proses 7nm, chipset Kirin 980 dilengkapi dengan 6,9 miliar transistor dalam bentuk yang sangat kecil (seukuran kuku). Huawei telah merancang arsitektur efisiensi 3-tingkat yang inovatif yang terdiri dari dua core ultra-besar, dua core besar, dan empat core kecil. Ini memberikan CPU fleksibilitas untuk mengalokasikan jumlah sumber daya yang optimal untuk tugas-tugas berat, sedang, dan ringan untuk tingkat efisiensi energi yang belum pernah terjadi sebelumnya, secara bersamaan meningkatkan kinerja ponsel dan meningkatkan masa pakai baterai.

Beberapa terobosan besar yang berhasil diraih pada tahun 2018 meliputi:
• Kirin 980: Diproduksi dengan menggunakan proses 7nm yang canggih dan menggabungkan CPU berbasis Cortex-A76 dan Mali-G76 yang kuat, chipset Kirin 980 menawarkan kinerja energi yang ditingkatkan dan pengalaman pengguna yang mulus yang belum pernah terjadi sebelumnya, menjadikan smartphone lebih pintar dari sebelumnya.
• GPU Turbo: Teknologi akselerasi pemrosesan grafik yang revolusioner ini mengatasi hambatan pemrosesan antara sistem operasi EMUI Huawei dan GPU/CPU pada smartphone. Itu membuat pemrosesan grafis lebih cepat dan memungkinkan System on a Chip (SoC) menggunakan lebih sedikit energi, mencapai keseimbangan optimal antara kinerja dan konsumsi daya.
• Kamera triple Leica: Didukung oleh AI, kamera ini mengubah fotografi menjadi lebih cerdas, memungkinkan siapa saja untuk dengan mudah menangkap gambar berkualitas profesional.
• Pendinginan: Sistem HUAWEI SuperCool menggunakan kombinasi film graphene dan ruang uap untuk menghasilkan kinerja pendinginan yang luar biasa. CPU dan GPU dapat tetap pada kecepatan penuh untuk waktu yang lama dan memberikan pengalaman bermain yang maksimal dan menyenangkan.
• Pengisian daya: Tiga teknologi pengisian daya terdepan kami – HUAWEI SuperCharge 40W, pengisian nirkabel cepat 15W, dan teknologi reverse wireless charging – telah menerima sertifikasi keamanan dari TÜV Rheinland, yang menyediakan pengisian cepat dan aman bagi pengguna.

Membentuk Pasar High-End Global dengan Kinerja Smartphone Unggulan
Berkat inovasi ini, smartphone andalan Huawei, termasuk HUAWEI P20 Series, HUAWEI Mate 20 Series, dan Seri HUAWEI Mate 10, telah mempelopori pertumbuhan keseluruhan di seluruh portofolio ponsel cerdas yang dimiliki. Kemudian perusahaan juga memenangkan pujian luas dari media dan berbagai macam organisasi industri di seluruh dunia.

HUAWEI P20 Series dan HUAWEI Mate 20 masing-masing memenangkan 23 dan 16 penghargaan tahunan bergengsi dari media teknologi internasional dan organisasi industri yang kredibel. HUAWEI P20 Pro menerima skor tertinggi yang pernah diterima oleh smartphone dari DxOMark, situs web independen yang secara ilmiah menilai kualitas gambar pada perangkat smartphone, lensa, dan kamera. HUAWEI Mate 20 Pro terpilih sebagai Most Exciting Smartphone pada 2018 oleh majalah Stuff.

HUAWEI Mate 20 Series memimpin inovasi industri di berbagai bidang, termasuk AI, kinerja, masa pakai baterai, pengisian daya, fungsi kamera, dan desain. Pengapalan secara global untuk HUAWEI Mate 20 Series melebihi 5 juta unit, hanya dalam dua bulan peluncurannya.

huawei3

Keterangan foto: HUAWEI Mate 20 Pro hadir dengan Leica Ultra-Wide Angle Lens 16 mm. Perspektif yang lebih luas ini menciptakan rasa kelapangan dan efek tiga dimensi dalam gambar. Sistem kamera baru ini juga mendukung jarak makro, yang menghasilkan gambar tajam dari objek yang ditempatkan sedekat 2,5 cm dari lensa. Lensa wide angle dan dukungan lensa makro melengkapi set fitur sistem kamera, menjadikannya kamera yang benar-benar serba bias, yang siap menangkap setiap dan semua tindakan. Kiri: Bund di Shanghai, diambil dengan Leica Ultra Wide-Angle Lens (Oleh Fang Zhonglin); kanan atas: bunga dan semut diambil dengan mode makro (Oleh Cheng Bin); kanan bawah: potret diambil dalam cahaya gelap (Oleh Li Xin)

HUAWEI P20 Series membawa fotografi ponsel pintar ke tingkat yang sama sekali baru. Pada akhir 2018, total pengiriman telah melampaui 16 juta unit, menetapkan rekor penjualan baru untuk ponsel unggulan Huawei. Menurut GfK POS Measurement Report, Huawei meningkatkan pangsa pasar berdasarkan unit penjualannya di segmen smartphone premium global +600 USD dari 8,4 persen pada Desember 2017 menjadi 14,0 persen pada Desember 2018.

Menjelajahi keindahan teknologi dan memenangkan konsumen wanita yang peduli terhadap gaya dan fesyen serta pengguna muda. Pada tahun 2018, Consumer BG Huawei mempelajari kebiasaan dan preferensi pengguna wanita dan kaum muda kemudian mengeksplorasi cara menggabungkan teknologi dengan mode dan seni.

“Kami telah memenangkan konsumen wanita yang sadar mode dan konsumen muda dan memperluas basis pengguna kami,” ucap Lo Khing Seng.

HUAWEI P20 Series menghadirkan opsi warna gradien eksklusif baru, Twilight, yang telah menarik perhatian luas dari konsumen wanita yang sadar mode di seluruh dunia. Estetika yang mencolok dan modern ini dicapai dengan mengaplikasikan beberapa lapisan pelapis optik Non-conductive Vacuum Metalizing (NCVM) di bawah kaca belakang, sehingga cahaya yang mengenai permukaan membias dan menciptakan perubahan warna yang jelas dan indah. HUAWEI Nova Series telah menarik perhatian luas dari anak muda di seluruh dunia untuk desainnya yang penuh gaya. Menampilkan warna-warna berani dan inovasi khusus untuk selfie, HUAWEI Nova 3 adalah salah satu ponsel selfie paling populer di tahun 2018. Melanjutkan desain penuh gaya dari Seri HUAWEI nova, HUAWEI nova 4 adalah ponsel pertama yang mengadopsi layar FullView terbaru untuk teknologi display-nya.

Pada 2018 Consumer BG Huawei membuat kemajuan penting dalam memberikan pengalaman cerdas di semua skenario konsumen. Selama tahun lalu, kami telah mencapai terobosan penting dalam bidang bisnis baru kami. Pada perangkat Personal Computer (PC): HUAWEI MateBook X Pro menampilkan desain FullView dan kamera yang tersembunyi, dan menerima pujian tinggi dari PC World Media dan berbagai media teknologi lainnya. Perangkat terbaru ini telah mendorong peningkatan Brand Image yang sangat baik untuk pada perangkat PC. Pada tahun 2018, pengiriman PC Huawei tumbuh lebih dari 330 persen year on year. Pada perangkat tablet: Pendapatan tablet terus tumbuh meskipun pasar tablet global mengalami penurunan dari tahun ke tahun. Pengiriman pada tahun 2018 meningkat sebesar 14 persen dibandingkan dengan 2017.

Pada perangkat Wearable: Pengiriman menunjukkan peningkatan lebih dari 120 persen dari tahun sebelumnya. Sorotan lainnya termasuk:
• HUAWEI WATCH GT, ditenagai oleh prosesor dual-core yang inovatif, dapat tetap mampu hidup (digunakan) hingga dua minggu. Penjualan tetap kuat setelah diluncurkan, meningkatkan kesadaran akan produk-produk Huawei.
• Penjualan terhadap audio dan aksesoris pintar tumbuh lebih dari 100 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Earphone TWS adalah yang pertama mengadopsi teknologi bone conduction biometrics technology dan juga mematuhi standar industri Hi-Res Wireless Audio (HWA), yang memimpin dalam teknologi audio yang stylish.

Ekosistem yang Lebih Kuat untuk Hadirkan Pengalaman Lebih Baik
Dunia akan segera memasuki era di mana segala sesuatu yang dapat terhubung, akan terhubung dan pengalaman cerdas akan disampaikan di semua skenario. Terhadap latar belakang ini, Huawei Consumer BG telah mengajukan strategi ekosistem semua-skenario “1 + 8 + N”.

“1” adalah singkatan dari ponsel, yang akan berfungsi sebagai portal utama untuk pengalaman cerdas; “8” adalah singkatan dari delapan portal pendukung, termasuk speaker AI, tablet, PC, perangkat yang dapat dikenakan, kendaraan yang terhubung, AR / VR, earphone pintar, dan HD cerdas; dan “N” adalah singkatan dari perangkat IOT di mana-mana, termasuk lighting, security protection, dan perangkat yang berhubungan dengan lingkungan. Dengan strategi ini, kami bertujuan untuk memberikan pengalaman yang cerdas kepada konsumen di semua skenario, termasuk rumah pintar, kendaraan yang terhubung (connected vehicles), serta kesehatan dan kebugaran. Dalam domain smart home, protokol rumah pintar HiLink Huawei telah mendobrak hambatan antara perangkat pintar dari vendor yang berbeda, memungkinkan mereka untuk “berbicara” satu sama lain dan sepenuhnya mentransfer dan berbagi informasi. Melalui platform Smart Home, Huawei HiLink bekerja sama dengan lebih dari 150 merek, melibatkan lebih dari 500 model produk di lebih dari 100 kategori produk. Untuk memberikan pengalaman yang lebih konsisten kepada konsumen, Huawei bekerja sama dengan vendor terkemuka untuk meluncurkan Huawei ZHIXUAN, Huawei HiLink’s IoT ecosystem brand, pada Juni 2018. Kami juga membuka Ark Lab yang bertujuan untuk menyediakan platform inovasi bersama bagi para mitra, yang memungkinkan mereka untuk menginkubasi produk, mengeksplorasi skenario baru, memamerkan penawaran mereka, dan memberikan pengalaman rumah yang unggul.

Dalam domain connected vehicles, Huawei telah menjalin kemitraan dengan merek mobil top dunia, termasuk Audi, Mercedes-Benz, Volkswagen, Toyota, dan General Motors. Kami menyediakan layanan kendaraan terhubung yang stabil dan andal untuk puluhan juta pengemudi. Dalam bidang kesehatan dan kebugaran, Huawei telah menjalin kemitraan produktif dengan lebih dari 100 perusahaan, universitas, dan lembaga penelitian terkenal. Pengguna aplikasi Kesehatan Huawei telah mencapai 100 juta.

AI akan menjadi kunci pengalaman pengguna di era cerdas. Ini telah menjadi bagian kehidupan bagi pengguna perangkat pintar Huawei. Jumlah pengguna aktif bulanan layanan Huawei AI, termasuk HiVoice, HiVision, dan HUAWEI Assistant, telah melampaui 190 juta. Rata-rata, setiap pengguna menggunakan layanan ini enam kali sehari.

Ekosistem Huawei Mobile Services yang Mendukung Para Developer
Dalam layanan aplikasi, Consumer BG telah membangun ekosistem global yang terbuka dan cerdas melalui Huawei Mobile Services. Kami meluncurkan Program Shining-Star kami, mendirikan DigiX Innovation Lab, dan membangun Galeri Kemampuan HUAWEI untuk mendorong inovasi. Bersama dengan mitra dan pengembang, Huawei Mobile Services bertujuan untuk menawarkan aplikasi dan layanan cerdas berkualitas tinggi yang mencakup semua skenario untuk konsumen kami.

“Pada tahun 2018, jumlah pengembang terdaftar dari Consumer BG melebihi 560.000 di seluruh dunia, dan pendapatan mitra kami lebih dari dua kali lipat tahun-ke-tahun, sebuah bukti ekosistem yang lebih makmur,” ucap Lo Khing Seng. Lo Khing Seng melanjutkan, Huawei Mobile Services menyediakan pengalaman digital berkualitas tinggi kepada lebih dari 500 juta pengguna perangkat Huawei di lebih dari 170 negara dan wilayah, mencakup segalanya mulai dari data hingga aplikasi, perjalanan, dan hiburan. “Kami telah mengubah perangkat pintar menjadi asisten pribadi dan ekstensi digital konsumen kami, menciptakan kehidupan digital yang lebih baik bagi mereka,” kata Khing Seng.

Huawei menawarkan beragam Layanan Huawei Mobile, termasuk HUAWEI Mobile Cloud, HUAWEI Assistant, HUAWEI AppGallery, Huawei Pay, HUAWEI SkyTone, Layanan HUAWEI Life, Video HUAWEI, Musik HUAWEI, HUAWEI Reader, Tema HUAWEI, dan Browser HUAWEI. Layanan ini lebih disukai oleh semakin banyak konsumen. Prestasi pada tahun 2018 meliputi:
• Lebih dari 150 juta foto diunggah ke HUAWEI Mobile Cloud setiap hari.
• HUAWEI AppGallery tersedia di 139 negara dan wilayah, menyediakan aplikasi berkualitas tinggi yang aman dan andal bagi pengguna, dengan lebih dari 120 miliar unduhan sepanjang tahun.
• Huawei Pay mendukung 90 bank, dan dapat digunakan untuk pembayaran transportasi umum di lebih dari 160 kota di Tiongkok. Fungsi-fungsi baru termasuk kunci pintu dan kartu keanggotaan menjadi tersedia. Huawei Pay juga menjadi penyedia layanan pembayaran pertama yang mendukung eID China di ponsel.
• HUAWEI SkyTone menyediakan layanan data luar negeri di lebih dari 80 negara dan wilayah. Dengan layanan ini, konsumen dapat mengakses Internet seluler di seluruh dunia tanpa kartu SIM. HUAWEI SkyTone juga menyediakan layanan perjalanan keluar yang efisien dan berkualitas seperti pemesanan hotel, sewa mobil, dan panduan perjalanan.
• Layanan video, audio, dan hiburan menarik lebih banyak konsumen. Pengguna aktif bulanan HUAWEI Video melebihi 80 juta. Pemutaran bulanan di Musik HUAWEI melebihi 4,2 miliar. Lebih dari 600.000 buku tersedia di HUAWEI Reader, dan unduhan tahunan dari HUAWEI Themes melebihi 730 juta.

Capai Kepuasan Pelanggan dengan Peningkatan Layanan Penjualan Offline
Untuk meningkatkan setiap aspek pengalaman pembelian konsumen, Consumer BG telah mendukung dan meningkatkan jaringan ritelnya untuk menciptakan pengalaman kelas atas yang sederhana, menarik, dan terinspirasi yang membuat pembelian menjadi lebih nyaman dan efisien bagi konsumen. Pada Desember 2018, Huawei memiliki lebih dari 60.000 toko ritel, display zone, dan display counters di seluruh dunia, termasuk lebih dari 4.000 toko yang berpengalaman.

huawei1

Keterangan foto: Huawei telah mengeksplorasi dan membangun semua model ritel baru dengan mempertimbangkan teknologi, sentuhan manusia, dan perlindungan lingkungan. Kami telah mendirikan tiga toko bernama HUAWEI Smart Life Stores di Taiyuan, Shanghai, dan Hangzhou, China. Berfokus pada memberikan pengalaman hidup yang cerdas, pusat-pusat ini bertujuan untuk menciptakan model ritel yang serba baru dan memberi konsumen pengalaman berbelanja yang lebih menyenangkan melalui layanan berkualitas. Digambarkan di atas adalah HUAWEI Smart Life Store di pusat perbelanjaan Aegean Place di Shanghai.

Dalam layanan pelanggan, perusahaan berkomitmen untuk membangun dan meningkatkan kemampuan layanan dasar, dengan fokus pada tiga platform layanan: layanan offline, layanan online, dan layanan mandiri. Sepanjang 2018, Huawei memberikan layanan kepada lebih dari 40 juta konsumen. Pada akhir 2018, Consumer BG memiliki lebih dari 2.000 pusat layanan offline di 105 negara dan wilayah, menyediakan layanan perbaikan yang nyaman dan cepat bagi konsumen. Pada tahun 2018, kepuasan pelanggan global dengan layanan Huawei meningkat 14 poin persentase dibandingkan dengan 2017, dan Huawei menerima 473 saran dan permintaan konsumen untuk optimalisasi produk dan layanan Huawei.

Kesadaran merek yang lebih tinggi dan kinerja bisnis yang lebih baik membawa perusahaan lebih dekat ke tujuan untuk menjadi merek teknologi global yang ikonik. Berkat inovasi tanpa henti di Consumer BG, kesadaran merek, pengakuan, dan reputasi yang tumbuh di antara konsumen global, dan pangsa pasar yang juga kian telah meningkat dengan cepat. Huawei telah mengambil langkah maju yang solid dalam perjalanan kami untuk menjadi merek teknologi global yang ikonik. Pada tahun 2018, kami mengirim 206 juta smartphone Huawei naik 35 persen Year on Year (YoY). Menurut laporan dari IDC, smartphone Huawei bersama-sama menduduki 14,7 persen dari pangsa pasar global pada tahun 2018, mempertahankan posisi perusahaan di antara tiga pembuat smartphone teratas di dunia.

“Seperti yang selalu kami tekankan, semua yang kami lakukan di Consumer BG dimulai dan diakhiri dengan konsumen. Dengan mengingat hal ini, pada tahun 2019 kami akan terus berinovasi dalam teknologi inti – termasuk 5G, AI, AR, dan VR – dan mengadopsi strategi ekosistem yang mencakup semua scenario,” pungkas Khing Seng.

Show More

Aldrin Symu

The key objective of a Journalist is to gather information, write news pieces, and present the news in an honest and balanced manner. In addition to investigating and reporting on current events, we also work on articles and features that update and influence public opinion.
Back to top button
error: Content is protected !!