04
Mon, Jul
0 New Articles
 
 
 

PCReviews
Typography

AlpaNews.com - Perbedaan antara XPS 9500 keluaran tahun lalu dengan seri terbaru ini, sebenarnya tergantung dari sudut mana Anda melihatnya. Secara tampilan luar sih persis sama, dan dari sisi internal hanya silikon pembedanya, namun salah satu peningkatan yang membuat perbedaan adalah adanya GeForce RTX 3050Ti.

Jika perangkat ini masih menggunakan GPU seri Nvidia GTX sebelumnya, itu akan sangat membosankan, tetapi ray-tracing meningkatkan kemampuannya.

Ketika digabungkan dalam unit ulasan kami dengan apa yang disebut Dell sebagai layar OLED 3,5K 3456x2160 15,6 inci, chip Intel i7 11800H, memori 16GB, dan penyimpanan M.2 1TB - XPS tetap menjadi laptop non-Apple yang bisa diabaikan.

Di Australia, XPS 9510 dijual seharga AU$4,300, yang mungkin tampak mahal tetapi pesaing terdekatnya, dengan chip, memori, penyimpanan, dan GPU yang sama tetapi hanya memiliki layar IPS 2560x1600, hadir dengan harga stiker AU$4,600.

Untuk uang sebanyak itu, desainnya terasa kurang mewah. Tenunan matte serat karbon di sekitar keyboard mungkin tidak sesuai dengan selera semua orang, tetapi ia berhasil menyembunyikan sidik jari dan noda yang menandai perangkat lain dengan baik. Bagian luar XPS tercakup dalam sasis logam standarnya.

Selalu menyenangkan untuk mengetahui dengan tepat dari mana suara berasal, dan XPS memberi tahu Anda berkat kisi-kisi speaker di samping keyboard. Namun, speaker juga hidup di bawah matte yang tepatnya di kedua sisi trackpad.

Adapun trackpad, ini adalah versi upsized yang sangat diterima dibandingkan dengan kebanyakan perangkat lain. Dell dengan cerdik menggunakan ruang yang tersedia untuk laptop yang melampaui penghalang 13 inci ultra-portabel.

Dari segi tampilan, layarnya memiliki bezel yang sangat tipis dan mengurangi kesan laptop besar. Namun, ada satu kelemahan besar yang hampir tidak dapat dimaafkan pada perangkat premium di tahun 2020-an, yaitu tidak memiliki penutup webcam. Di zaman video call hampir semua urusan, tidak adanya penutup webcam dapat menjadi pemicu kecemasan.

Tersedia opsi Intel i5-11400H, i7-11800H, dan i9-11900H; 16GB, 32GB, atau 64GB memori; Penyimpanan 512GB, 1TB, atau 2TB; Layar 1920x1200 15,6 inci, 3,5K OLED, atau layar IPS 3840x2400.

Untuk grafis, ada pilihan grafis Intel UHD atau GeForce RTX 3050Ti. Dengan XPS 15 inci, GPU 3050Ti diturunkan menjadi 45 watt, tetapi perangkat versi 17 inci memiliki opsi antara 3050Ti 60 watt atau 3060 70 watt.

Penambahan GPU RTX tidak akan mengubah mesin ini menjadi rig gaming yang tidak ada duanya, tetapi ini merupakan peningkatan signifikan pada GTX, dan berarti laptop ini akan dapat digunakan selama beberapa tahun lagi, terutama untuk opsi yang lebih kuat yang tersedia di XPS 17 inci. Jika Anda menginginkan GPU diskrit sama sekali, maka XPS 13 inci yang lebih murah mungkin merupakan pilihan terbaik Anda, dan Anda juga akan menikmati grafis terintegrasi Xe yang lebih baik.

Tidak seperti beberapa sistem lain dengan GPU diskrit, XPS tidak berjalan pada tingkat panas yang membakar kulit. Ini panas, tidak diragukan lagi.

Untuk urusan port, XPS 15 menawarkan 2 port Thunderbolt 4 di sebelah kiri dan 1 port USB-C 3.2 Gen 2 di sebelah kanannya yang semuanya melayani DisplayPort dan dapat memberi daya pada perangkat. Di sisi kanan, XPS juga memiliki pembaca kartu SD berukuran penuh.

Di kanan atas keyboard, tombol On berfungsi sebagai tombol power dan pembaca sidik jari. Sebagai penggemar kombinasi ini di smartphone, tidak mengherankan jika saya juga menyukainya di laptop. XPS 9510 memiliki baterai 56 watt-jam pada ukuran layar terkecil, dan Dell mengklaim dapat bertahan lebih dari 13 jam pada kecerahan 40%.

Di dunia nyata dengan layar OLED, kecerahan penuh, dan beberapa musik yang menggelegar, melihat 15% dari baterai hilang dalam satu jam bukanlah hal yang luar biasa, dan begitu GPU diskrit mulai bekerja, itu akan balapan saat persentase terus berdetak turun. Dibandingkan dengan ThinkPad X1 Extreme Gen 2, laptop yang lebih baru menguras daya jauh lebih lambat meskipun kinerjanya jauh lebih tinggi.

Intinya, jika Anda kurang tertarik dengan M1 MacBook, maka Dell XPS 15 9510 merupakan alternatif lain uang dapat dipilih.

 

 

Terjemahan