Otomotif
Tools
Typography

Di masa depan, diperkirakan mobil berwarna terang akan semakin banyak jumlahnya daripada warna gelap. Seperti kita ketahui trend warna mobil saat ini banyak berubah. Namun hal ini tidak sama di setiap negara. Ada beberapa negara yang malah melarang penggunaan warna tertentu.

Secara global, trend warna mobil ini akan berubah seiring dengan perkembangan zaman. Kini banyak kita temui mobil dengan warna yang lazim seperti hijau terang, oranye, kuning terang, merah menyala bertebaran di jalan. Teknologi makin canggih, mobil berwarna cerah akan lebih trend di masa depan.

Tren warna terang lebih mudah dideteksi, dikarenakan di masa depan nanti akan banyak mobil otonom yang bertebaran di jalan. Mobil-mobil ini dibekali dengan teknologi LiDAR yang mampu menyetir mobil dengan sendirinya. LiDAR cenderung lebih responsif dalam mendeteksi warna cerah dibanding warna gelap. Meskipun begitu, para pengembang teknologi otonom akan mengembangkan teknologi sistem navigasi yang mampu mendeteksi warna cerah dan gelap sekaligus.

Tak hanya mengembangkan teknologi navigasi saja namun juga proses pengecatan. Mobil-mobil mendatang diharapkan akan menggunakan cat dengan kualitas bagus yang tak gampang rusak meskipun terkena kotoran. Kalaupun terkena kotoran akan lebih mudah dibersihkan tanpa merubah kondisi cat.

Terlepas dari hal tersebut, mobil berwarna cerah memang lebih gampang dilihat saat berkendara di malam hari. Namun sebaliknya mobil berwarna gelap akan sulit dilihat secara kasat mata. Misalnya kalau mobil warna gelap diparkir di tepi jalan saat malam hari, dan jika pengendara tidak waspada maka bisa-bisa menyebabkan tabrakan.

Terjemahan